Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Metode Team Games Tournament pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas VIII Mts Nurul Ulum Kecamatan Kota Gajah Kab Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2016/2017
Nama : GUNTORO
Prodi : PAI
NPM : 13240002
Judul
: Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan
Metode Team
Games Tournament pada Mata
Pelajaran Bahasa Inggris Kelas VIII
Mts Nurul Ulum Kecamatan Kota Gajah Kab
Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2016/2017
1.
Laporan
Kegiatan Mengajar
a.
Siklus 1 (1-4 pertemuan)
1)
Perencanaan
Untuk mengetaui permasalahan
yang terjadi di dalam peruses pembelajaran, maka peneliti melakukan
identifikasi permasalahan siswa dan proses pembelajaran di kelas. Setelah
mengetahui permasalahan yang ada maka penulis merancang sebuah pembelajaran
dikelas yaitu dengan menyusun desain pembelajaran, rencana pembelajaran (RPP),
silabus, membuat jadwal pertemuan dan instrumen.
Dalam siklus ini yang harus
dilakukan adalah mulai dari perencanaan tindakan, pelaksanaan observasi, dan
refleksi materi pokok yang diberikan adalah pesawat sederhana.
Adapun tahapan-tahapan dalam
perencanaan penelitian tindakan kelas ini adalah sebagai berikut :
1) Menetapkan
kelas penelitian.
2) Menetapkan
konsep atau materi pokok.
3) Menyusun
silabus dan membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP).
4) Menyiapkan
sumber, bahan, alat praktek yang dibutuhkan.
5) Menjelaskan
pengertian materi.
6) Menunjukkan
contoh-contoh yang berkenaan dengan materi.
7) Menyusun
lembar kerja yang akan diberikan kepada siswa untuk melihat sejauh mana hasil
belajar siswa.
2)
Pelaksanaan
Pelaksanaan tindakan pada siklus I,
yaitu sebagai berikut:
1.
Siswa diberikan
stimulus berupa pemberian materi oleh guru tentang Teks Lisan dan Tulis Mengecek Pemahaman
2.
Siswa dibagi ke
dalam beberapa tim, para siswa mengerjakan lembar kegiatan dalam tim mereka
untuk menguasai materi.
3.
Guru memberikan
penjelasan singkat tentang cara mengerjakan lembar kegiatan
4.
Guru menentukan
nomor urut siswa dan menempatkan siswa pada meja turnamen (3 orang, kemampuan
setara). Setiap meja terdapat 1 lembar permainan, 1 lembar jawaban, 1 kotak
kartu nomor, 1 lembar skor permainan,
5.
Siswa mencabut
kartu untuk menentukan pembaca I (nomor tertinggi) dan yang lain menjadi
penantang I dan II,
6.
Pembaca I
menggocok kartu dan mengambil kartu yang teratas, Pembaca I membaca soal sesuai
nomor pada kartu dan mencoba menjawabnya. Jika jawaban salah, tidak ada sanksi
dan kartu dikembalikan. Jika benar kartu disimpan sebagai bukti skor.
7.
Jika penantang
I dan II memiliki jawaban berbeda, mereka dapat mengajukan jawaban secara
bergantian.
8.
Jika jawaban
penantang salah, dia dikenakan denda mengembalikan kartu jawaban yang benar
(jika ada)
9.
Selanjutnya
siswa berganti posisi (sesuai urutan) dengan prosedur yang sama
10.
Setelah
selesai, siswa menghitung kartu dan skor mereka dan diakumulasi dengan semua tim.
Penghargaan berupa nilai yang besare atau sangat baik, Tim Super untuk kriteria
atas, Tim Sangat Baik (kriteria tengah), Tim Baik (kriteria bawah) Untuk
melanjutkan turnamen, guru dapat melakukan pergeseran tempat siswa berdasarkan
prestasi pada meja turnamen
11.
Siswa
mengerjakan beberapa soal dari buku paket. mengenai penulisan contoh dari
persamaan yang memiliki 1 atau lebih variabel dengan pangkat tertinggi dari
variabel ditentukan, kemudian Siswa dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal
tersebut.
12. Guru membagikan soal tes tertulis untuk dikerjakan secara individu pada akhir
pembelajaran, sebagai sarana pengukuran tingkat penguasaan materi dan tingkat
keberhasilan belajar siswa.
3)
Observasi
Observasi merupakan kegiatan mengamati dan mencatat semua hal-hal
yang diperlakukan dan hal-hal
yang terjadi selama pelaksanaan tindakan berlangsung. Pengamatan dilakukan
dengan menggunakan lembar observasi yang telah disediakan untuk mengamati
perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran guru dan hasil belajar siswa pada mata
pelajaran sejarah kebudayaan islam. Adapun lembar pengamatan tersebut adalah
sebagai berikut:
Tabel.
1
Lembar
Observasi Proses Belajar Siswa
No
|
Nama Siswa
|
Aspek yang diamati
|
Jumlah Total
|
Ket
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||||
1
|
ABDUL
AZIS
|
2
|
1
|
1
|
2
|
2
|
8
|
Cukup aktif
|
2
|
ACMAD
RIZQI
|
1
|
1
|
1
|
1
|
2
|
6
|
Kurang aktif
|
3
|
ALVINA
WIDYAWATI
|
2
|
1
|
2
|
1
|
2
|
8
|
Cukup aktif
|
4
|
ANISATUL
|
3
|
3
|
2
|
3
|
4
|
15
|
Sangat aktif
|
5
|
ARYAN
WIJAYA
|
1
|
2
|
2
|
1
|
1
|
7
|
Cukup aktif
|
6
|
DEDY
NURCAHYA
|
2
|
1
|
4
|
1
|
4
|
12
|
Cukup aktif
|
7
|
DIKI
CHANDRA
|
1
|
2
|
2
|
3
|
2
|
10
|
Cukup aktif
|
8
|
DUROTUN
NAFISAH
|
1
|
1
|
1
|
2
|
1
|
6
|
Kurang aktif
|
9
|
EVA
BUDIANTI
|
2
|
1
|
4
|
1
|
3
|
11
|
Cukup aktif
|
10
|
FITRI
LUKLU
|
3
|
2
|
2
|
1
|
3
|
11
|
Cukup aktif
|
11
|
FREDI
ANDRIYANTO
|
3
|
1
|
1
|
2
|
2
|
9
|
Cukup aktif
|
12
|
LAILA
RAHMA
|
4
|
2
|
2
|
3
|
4
|
15
|
Sangat aktif
|
13
|
LILI
ANTIKA
|
2
|
2
|
1
|
2
|
1
|
8
|
Cukup aktif
|
14
|
M GUFRON
|
4
|
2
|
2
|
3
|
2
|
13
|
Cukup aktif
|
15
|
MALIK
ARDYAN
|
2
|
2
|
2
|
1
|
3
|
9
|
Cukup aktif
|
16
|
NUKI
MONA
|
3
|
1
|
1
|
2
|
3
|
10
|
Cukup aktif
|
17
|
RAHMAT
|
3
|
2
|
2
|
2
|
2
|
11
|
Cukup aktif
|
18
|
RIZKA
INAYATUL
|
1
|
1
|
1
|
1
|
2
|
6
|
Kurang aktif
|
19
|
SOFIYATU
ROFIAH
|
3
|
2
|
3
|
1
|
2
|
11
|
Cukup aktif
|
20
|
SOMIATUL
FADILAH
|
3
|
3
|
4
|
2
|
4
|
16
|
Sangat aktif
|
21
|
SRI
MULYANTI
|
2
|
1
|
1
|
1
|
1
|
6
|
Kurang aktif
|
22
|
TAUFIK
MUSTOFA
|
3
|
2
|
2
|
1
|
3
|
11
|
Cukup aktif
|
23
|
WANDA
NATALIA
|
2
|
2
|
2
|
2
|
1
|
9
|
Cukup aktif
|
Jumlah
|
||||||||
Presentase %
|
Lembar observasi Proses belajar Siswa Siklus 1
Keterangan aspek yang diamati :
1.
Mendengarkan guru
menyampaikan materi yang akan disajikan
2.
Kemampuan siswa menjawab soal
3.
Kemampuan siswa dalam melakukan metode belajar team games tournament
4.
Keseriusan dalam mempersentasikan hasil yang telah ditemukan
5.
Keaktifan siswa dalam bertanya kepada guru mengenai soal yang sukar
untuk dijawab
Keterangan
skor aspek yang diamati :
0
= Tidak dilakukan
1
= Dilakukan kurang baik
2
= Dilakukan cukup baik
3
= Dilakukan dengan baik
4
= Dilakukan sangat baik
|
Keterangan
jumlah skor :
14
– 20 = sangat aktif
7 – 13 = cukup aktif
0 –
6 = kurang aktif
|
4)
Refleksi
Refleksi yaitu “kegiatan untuk mengemukakan
kembali apa yang sudah terjadi’’. Berdasarkan hasil observasi terhadap tindakan
kelas yang telah dilakukan, maka dilakukan refleksi terhadap keseluruhan
langkah dan rangkaian proses tindakan sebagai rujukan untuk mengetahui tingkat
keberhasilan dan kegagala. Bilamana hasil belajar yang diperoleh belum sesuai
maka akan dilakukan atau direncanakan
kesiklus berikutnya.
b.
Siklus 2 (pertemuan ke 5- ke 8)
1)
Perencanaan
Dalam siklus ini yang harus
dilakukan adalah mulai dari perencanaan tindakan, pelaksanaan, observasi, dan
refleksi. Materi pokok yang diberikan adalah pesawat sederhana.
Adapun tahap-tahap dalam
perencanaan penelitian tindakan kelas ini adalah sebagai berikut :
1) Menyusun
silabus dan membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP).
2) Menyiapkan
sumber, bahan, alat praktek yang dibutuhkan.
3) Menjelaskan
pengertian materi.
4) Menunjukkan
contoh-contoh yang berkenaan dengan materi.
5) Menyusun
lembar kerja yang akan diberikan kepada siswa untuk melihat sejauh mana hasil
belajar siswa.
2)
Pelaksanaan
Pelaksanaan tindakan siklus
II ini mengacu pada identifikasi masalah yang muncul pada siklus I, sesuai
dengan alternatif pemecahan masalah yang sudah ditentukan antara lain :
1) Mengawali
dengan melakukan apersepsi dengan lebih menyempurnakan proses pembelajaran dari
siklus I.
2) Menjelaskan
kembali pengertian dan kegunaan materi sampai siswa benar-benar paham.
3) Menunjukkan
kembali contoh-contoh yang lebih mudah diingat sesuai dengan materi.
4) Evaluasi.
3)
Observasi
Pada tahap ini sama halnya
seperti pada tahap observasi siklus I yaitu dilaksanakan observasi
(pengamatan). Pada tahap observasi ditekankan pada proses pembelajara terhadap
materi yang sedang dibahas, dan aktivitas siswa, serta hasil belajar siswa
sebagai beriut :
Tabel.
2
Lembar
Observasi Proses Belajar Siswa
No
|
Nama Siswa
|
Aspek yang diamati
|
Jumlah Total
|
Ket
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||||
1
|
ABDUL
AZIS
|
2
|
4
|
1
|
2
|
4
|
13
|
Sangat aktif
|
2
|
ACMAD
RIZQI
|
1
|
1
|
3
|
1
|
2
|
8
|
Cukup aktif
|
3
|
ALVINA
WIDYAWATI
|
2
|
1
|
2
|
1
|
2
|
8
|
Cukup aktif
|
4
|
ANISATUL
|
3
|
3
|
2
|
3
|
4
|
15
|
Sangat aktif
|
5
|
ARYAN
WIJAYA
|
1
|
2
|
2
|
1
|
1
|
7
|
Cukup aktif
|
6
|
DEDY
NURCAHYA
|
2
|
1
|
4
|
1
|
4
|
12
|
Cukup aktif
|
7
|
DIKI
CHANDRA
|
1
|
2
|
2
|
3
|
2
|
10
|
Cukup aktif
|
8
|
DUROTUN
NAFISAH
|
1
|
1
|
1
|
2
|
1
|
6
|
Kurang aktif
|
9
|
EVA
BUDIANTI
|
2
|
1
|
4
|
1
|
3
|
11
|
Cukup aktif
|
10
|
FITRI
LUKLU
|
3
|
2
|
2
|
1
|
3
|
11
|
Cukup aktif
|
11
|
FREDI
ANDRIYANTO
|
3
|
1
|
1
|
2
|
2
|
9
|
Cukup aktif
|
12
|
LAILA
RAHMA
|
4
|
2
|
2
|
3
|
4
|
15
|
Sangat aktif
|
13
|
LILI
ANTIKA
|
2
|
2
|
1
|
2
|
1
|
8
|
Cukup aktif
|
14
|
M GUFRON
|
4
|
2
|
2
|
3
|
2
|
13
|
Cukup aktif
|
15
|
MALIK
ARDYAN
|
2
|
2
|
2
|
1
|
3
|
9
|
Cukup aktif
|
16
|
NUKI
MONA
|
3
|
1
|
1
|
2
|
3
|
10
|
Cukup aktif
|
17
|
RAHMAT
|
3
|
2
|
2
|
2
|
2
|
11
|
Cukup aktif
|
18
|
RIZKA
INAYATUL
|
1
|
1
|
1
|
1
|
2
|
6
|
Kurang aktif
|
19
|
SOFIYATU
ROFIAH
|
3
|
2
|
3
|
1
|
2
|
11
|
Cukup aktif
|
20
|
SOMIATUL
FADILAH
|
3
|
3
|
4
|
2
|
4
|
16
|
Sangat aktif
|
21
|
SRI
MULYANTI
|
2
|
1
|
1
|
1
|
1
|
6
|
Kurang aktif
|
22
|
TAUFIK
MUSTOFA
|
3
|
2
|
2
|
1
|
3
|
11
|
Cukup aktif
|
23
|
WANDA
NATALIA
|
2
|
2
|
2
|
2
|
1
|
9
|
Cukup aktif
|
Jumlah
|
||||||||
Presentase %
|
4)
Refleksi
Berdasarkan siklus I
dikembangkan ke siklus II. Pada siklus ini peneliti tidak mengalami hambatan.
Setelah memberikan penjelasan siswa dapat memahami dengan baik materi yang
diberikan oleh guru.
Hasil yang diberikan pada
setiap siklus juga meningkat. Dalam siklus ini ketercapaian hasil belajar siswa
meningkat seperti telah ditentukan Standar Ketuntasan Belajar Mengajar.
c.
Laporan Hasil
Penelitian
a)
Data Instrumen
1
Tabel 3
Data Hasil Belajar Siswa Siklus 1
Kelas VIII semester I
No
|
Nama Siswa
|
L/P
|
Nilai
|
Ketuntasan
Siswa
|
|
Tuntas
|
Tdk Tuntas
|
||||
1
|
ABDUL
AZIS
|
L
|
70
|
ü
|
|
2
|
ACMAD
RIZQI
|
L
|
68
|
ü
|
|
3
|
ALVINA
WIDYAWATI
|
P
|
85
|
ü
|
|
4
|
ANISATUL
|
P
|
80
|
ü
|
|
5
|
ARYAN
WIJAYA
|
P
|
80
|
ü
|
|
6
|
DEDY
NURCAHYA
|
P
|
70
|
ü
|
|
7
|
DIKI
CHANDRA
|
P
|
80
|
ü
|
|
8
|
DUROTUN
NAFISAH
|
P
|
80
|
ü
|
|
9
|
EVA
BUDIANTI
|
L
|
65
|
ü
|
|
10
|
FITRI
LUKLU
|
P
|
80
|
ü
|
|
11
|
FREDI
ANDRIYANTO
|
L
|
80
|
ü
|
|
12
|
LAILA
RAHMA
|
P
|
72
|
ü
|
|
13
|
LILI
ANTIKA
|
L
|
68
|
ü
|
|
14
|
M GUFRON
|
L
|
76
|
ü
|
|
15
|
MALIK
ARDYAN
|
L
|
60
|
ü
|
|
16
|
NUKI
MONA
|
P
|
70
|
ü
|
|
17
|
RAHMAT
|
P
|
78
|
ü
|
|
18
|
RIZKA
INAYATUL
|
L
|
68
|
ü
|
|
19
|
SOFIYATU
ROFIAH
|
P
|
80
|
ü
|
|
20
|
SOMIATUL
FADILAH
|
P
|
60
|
ü
|
|
21
|
SRI
MULYANTI
|
L
|
70
|
||
22
|
TAUFIK
MUSTOFA
|
P
|
64
|
ü
|
|
23
|
WANDA
NATALIA
|
L
|
56
|
ü
|
|
Jumlah
|
|||||
Nilai Tertinggi
|
85
|
||||
Nilai Terendah
|
56
|
||||
% Ketuntasan Hasil Belajar
|
78%
|
Persentase Ketuntasan Siklus 1
No
|
Nilai
|
KKM
|
Jumlah Siswa
|
Persentase (%)
|
1
|
Tuntas
|
70
|
18
|
78 %
|
2
|
Belum
Tuntas
|
60
|
5
|
22%
|
Jumlah
|
23
|
100 %
|
b)
Data Instrument
2
Tabel 4
Data Hasil Belajar Siswa Siklus 2
Kelas VIII semester I
No
|
Nama Siswa
|
L/P
|
Nilai
|
Ketuntasan
Siswa
|
|
Tuntas
|
Tdk Tuntas
|
||||
1
|
ABDUL
AZIS
|
L
|
70
|
ü
|
|
2
|
ACMAD
RIZQI
|
L
|
70
|
ü
|
|
3
|
ALVINA
WIDYAWATI
|
P
|
85
|
ü
|
|
4
|
ANISATUL
|
P
|
88
|
ü
|
|
5
|
ARYAN
WIJAYA
|
P
|
88
|
ü
|
|
6
|
DEDY
NURCAHYA
|
P
|
70
|
ü
|
|
7
|
DIKI
CHANDRA
|
P
|
80
|
ü
|
|
8
|
DUROTUN
NAFISAH
|
P
|
80
|
ü
|
|
9
|
EVA
BUDIANTI
|
L
|
60
|
ü
|
|
10
|
FITRI
LUKLU
|
P
|
80
|
ü
|
|
11
|
FREDI
ANDRIYANTO
|
L
|
80
|
ü
|
|
12
|
LAILA
RAHMA
|
P
|
72
|
ü
|
|
13
|
LILI
ANTIKA
|
L
|
60
|
ü
|
|
14
|
M GUFRON
|
L
|
76
|
ü
|
|
15
|
MALIK
ARDYAN
|
L
|
60
|
ü
|
|
16
|
NUKI
MONA
|
P
|
88
|
ü
|
|
17
|
RAHMAT
|
P
|
78
|
ü
|
|
18
|
RIZKA
INAYATUL
|
L
|
68
|
ü
|
|
19
|
SOFIYATU
ROFIAH
|
P
|
80
|
ü
|
|
20
|
SOMIATUL
FADILAH
|
P
|
70
|
ü
|
|
21
|
SRI
MULYANTI
|
L
|
72
|
ü
|
|
22
|
TAUFIK
MUSTOFA
|
P
|
70
|
ü
|
|
23
|
WANDA
NATALIA
|
L
|
75
|
ü
|
|
Jumlah
|
|||||
Nilai Tertinggi
|
88
|
||||
Nilai Terendah
|
60
|
||||
% Ketuntasan Hasil Belajar
|
91%
|
Persentase Ketuntasan Siklus 2
No
|
Nilai
|
KKM
|
Jumlah Siswa
|
Persentase (%)
|
1
|
Tuntas
|
21
|
91 %
|
|
2
|
Belum
Tuntas
|
2
|
9 %
|
|
Jumlah
|
31
|
100 %
|
d.
Pembahasan
Table perbandingan antara siklus 1 dan 2
Siklus 1
|
Siklus 2
|
Selisih
|
Keterangan
|
78 %
|
91 %
|
13 %
|
Meningkat
|
Setelah mengetaui laporan hasil penelitian yang tertera di
atas proses kegiatan belajar mengajar
pada kelas VIII mata pelajaran Bahasa Inggris dari siklis 1 ke siklus 2
mengalami peningkatan sebanyak 13 %, hal ini di sebabkan peruses evaluasi yang
dilakukan oleh guru pada pembelajaran siklus ke 2 tepat sasaran.
e.
Kesimpulan dan Saran
Kesimpulan
Berdasarakan pembahasan dan penelitian dapat disimpulkan
sebagai berikut :
a.
Pada
siklus I siswa yang mencapai skala 14-20 terdapat 3 siswa
atau 13 %, skala 7-13 terdapat 16 siswa atau 70 %, skala 0-6 terdapat 4 siswa atau 17
%, kemudian pada siklus II proses belajar siswa meningkat
dari kurang
aktif menjadi cukup aktif dan
menjadi aktif.
b. Pembelajaran
Pada siklus I ke siklus
II terjadi peningkatan 13 %. Maka dapat disimpulkan bahwa metode Team Games Tournament dapat meningkatkan hasil belajar siswa mata
pelajaran bahasa inggris kelas VIII Mts Nurul Ulum Kota Gajah Kabupaten. Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2016/2017.
Saran
a.
Para
guru hendakalah memilih atau menggunakan metode Team Games Tournament secara tepat sesuai karakteristik materi dan siswa, karena penggunaan
metode bertukar
pendapat yang tepat dapat
menciptakan hasil belajar yang aktif.
b.
Keberhasilan
melalui metode Team Games
Tournament di
Mts Nurul Ulum menghendaki adanya
penerapan ditempat lain guna menjadi kemungkinan pengembangan.
Comments
Post a Comment