MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA MENGGUNAKAN FIGHTING QUESTIONS STRATEGY DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL KELAS X SMA PURNAMA TRIMURJO LAMPUNG TENGAH TAHUN PELAJARAN 2016/ 2017
Pendidikan Bahasa
Inggris
Nama
: AANG GUNAWAN
Prodi : Bahasa Inggris
NPM : 13240001
Judul : MENINGKATKAN
KEMAMPUAN BERBICARA SISWA MENGGUNAKAN FIGHTING QUESTIONS STRATEGY DENGAN MEDIA
AUDIOVISUAL KELAS X SMA PURNAMA TRIMURJO LAMPUNG
TENGAH TAHUN PELAJARAN 2016/ 2017
LAPORAN KEGIATAN MENGAJAR
Dalam
penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus. Pada tiap-tiap siklus
terdiri dari empat tahapan yaitu : perencanaan, pelaksanaan, observasi,
refleksi.
A. Siklus 1 (3-4
pertemuan)
1. Tahap-tahap penelitian
Dari penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam beberapa siklus,
setiap siklus mengikuti langkah sebagai berikut:
a. Perencanaan Pembelajaran
Penelitian ini dilaksanakan mulai pada hari kamis
tanggal 20 Agustus – 01 September 2016 sebagai pelaksanaan siklus 1, pada kelas X SMA Purnama Trimurjo. Dengan
menggunakan Fighting Questions Strategy. Adapun tahap perencanaan meliputi :
1) Menetapkan Fighting Questions Strategy dalam penerapan proses belajar
mengajar.
2) Menyusun rancangan pembelajaran
3) Menyusun indikator yang akan dicapai setelah pembelajaran
4) Membuat perencanaan pembelajaran
( Silabus dan RPP )
5) Menyiapkan sumber bahan ajar,
seperti buku paket, buku LKS, maupun lainnya.
6) Membuat instrument penelitian yaitu
I. Lembar observasi untuk mengumpulkan data tentang keaktifan peserta didik
dalam pembelajaran. Untuk aspek keaktifan peserta didik indikatornya adalah
sebagai berikut :
Tabel 1
Lembar observasi proses belajar peserta didik siklus I
NO
|
Nama Siswa
|
Aspek yang diamati
|
Jumlah
|
Ket
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||||
1
|
Aldion
|
1
|
3
|
2
|
2
|
2
|
10
|
Cukup Aktif
|
2
|
Adi Kurniawan
|
2
|
3
|
3
|
1
|
2
|
11
|
Cukup Aktif
|
3
|
Andi Dian Pranata
|
3
|
1
|
1
|
3
|
4
|
12
|
Cukup Aktif
|
4
|
Arinda Triwahyu
|
4
|
3
|
3
|
2
|
2
|
14
|
Sangat Aktif
|
5
|
Ayu Indarwati
|
3
|
4
|
4
|
1
|
3
|
15
|
Sangat Aktif
|
6
|
Dayu Serda Andiputra
|
2
|
2
|
1
|
3
|
3
|
11
|
Cukup Aktif
|
7
|
Devi Tri Lestari
|
3
|
3
|
2
|
2
|
3
|
13
|
Cukup Aktif
|
8
|
Erisa Putri
|
3
|
3
|
3
|
2
|
1
|
12
|
Cukup Aktif
|
9
|
Feni Agustin
|
3
|
3
|
3
|
4
|
2
|
15
|
Sangat Aktif
|
10
|
Gusti Fernando
|
3
|
2
|
3
|
2
|
4
|
15
|
Sangat Aktif
|
11
|
Kevin Dwi Prayuda
|
3
|
3
|
2
|
2
|
3
|
13
|
Cukup Aktif
|
12
|
Nando Gustanto
|
2
|
3
|
3
|
2
|
1
|
11
|
Cukup Aktif
|
13
|
Puput Deliyana
|
4
|
4
|
2
|
3
|
2
|
15
|
Sangat Aktif
|
14
|
Rega Pangestu
|
3
|
3
|
3
|
2
|
1
|
12
|
Cukup Aktif
|
15
|
Romeo Erlangga
|
3
|
2
|
4
|
2
|
2
|
13
|
Cukup Aktif
|
16
|
Tiara Yulia Fitriyani
|
2
|
3
|
3
|
2
|
3
|
13
|
Cukup Aktif
|
17
|
Vina Safitri
|
3
|
3
|
2
|
3
|
4
|
15
|
Sangat Aktif
|
18
|
Yudianto
|
2
|
3
|
3
|
2
|
4
|
14
|
Sangat Aktif
|
19
|
Ryo Nhaldo S
|
1
|
2
|
2
|
3
|
3
|
11
|
Cukup Aktif
|
20
|
Wahyu Galih Prasetyo
|
3
|
2
|
2
|
3
|
1
|
11
|
Cukup Aktif
|
21
|
Pandi Dwi Novianto
|
2
|
3
|
1
|
2
|
2
|
11
|
Cukup Aktif
|
22
|
Angga Ardiansyah
|
1
|
2
|
3
|
2
|
2
|
10
|
Cukup Aktif
|
23
|
Reza Wulandari
|
2
|
4
|
2
|
2
|
3
|
13
|
Cukup Aktif
|
24
|
Dini Sulistia Putri
|
2
|
3
|
4
|
4
|
2
|
15
|
Sangat Aktif
|
Jumlah
|
||||||||
Presentase %
|
Keterangan
aspek yang diamati:
1.
Mendengarkan guru menyampaikan materi yang disajikan
2.
Kemampuan peserta didik membaca dengan
baik dan benar
3.
Kemampuan peserta didik dalam membaca teks
4.
Keaktifan peserta didik dalam menjawab pertanyaan guru
5.
Keaktifan peserta didik dalam bertanya
kepada guru mengenai bacaan yang sukar
Keterangan skor
aspek yang diamati: Keterangan
jumlah skor:
0 = Tidak
dilakukan 14
– 20 = sangat aktif
1 = Dilakukan
kurang baik 7
– 13 = cukup aktif
2 = Dilakukan
cukup baik 0
– 6 = kurang aktif
3 = Dilakukan
dengan baik
4 = Dilakukan
sangat baik
II. Tes formatif sebagai alat pengukur prestasi belajar pada mata pelajaran Bahasa
Inggris
7) Menyiapkan alat pembelajaran
8) Membuat skenario pembelajaran sebagai pedoman pelaksanaan tindakan di
kelas.
b. Pelaksanaan Pembelajaran
Dalam pelaksanaan penelitian pembelajaran Bahasa Inggris dilaksanakan sesuai dengan RPP dan menggunakan Fighting
Questions Strategy. Adapun langkah-langkah kegiatan
pembelajaran adalah sebagai berikut :
Pertemuan I ( Rabu, 24 Agustus 2016)
A. Kegiatan Awal
1. Membuka suasana kelas dengan salam pembukaan
2. Membuka pelajaran dengan mengucapkan Bismillah
3. Berdoa sebelum memulai pelajaran
4. Mengabsen peserta didik
B. Kegiatan inti
1. Memperkenalkan diri satu persatu yang dimulai dari peneliti dan dilanjutkan dengan peserta didik.
2. Penjelasan
tentang maksud dan tujuan peneliti di SMA Purnama Trimurjo
3. Memberikan penjelasan tentang KBM
C. Kegiatan Akhir
1. Memberikan motivasi kepada peserta didik
2. Guru menutup pelajaran dengan salam
Pertemuan II ( Kamis, 25 Agustus 2016)
A. Kegiatan Awal
1. Membuka suasana kelas dengan salam pembukaan
2. Membuka pelajaran dengan mengucapkan Bismillah
3. Berdoa sebelum memulai pelajaran
4. Mengabsen peserta didik
5. Presensi peserta didik
B. Kegiatan inti
1. Penulis memulai
pelajaran dengan Fighting Questions Strategy
2. Guru memberikan stimulus berupa pemberian materi Expressing Happiness.
3. Mendiskusikan materi bersama siswa.
4. Memberikan kesempatan kepada pesrta didik mengkomunikasikan secara lisan
mengenai Expressing Happiness.
5. Siswa diminta mengerjakan contoh soal dalam buku.
C. Kegiatan Akhir
1. Memberikan motivasi kepada peserta didik agar rajin belajar
2. Guru memberikan kesimpulan tentang materi yang baru saja dipelajari
3. Guru memberikan tugas kepada peserta
didik
4. Guru menutup pelajaran dengan salam
Pertemuan III ( Rabu, 31 Agustus 2016)
A. Kegiatan Awal
1. Membuka suasana kelas dengan salam pembukaan
2. Membuka pelajaran dengan mengucapkan Bismillah
3. Berdoa sebelum memulai pelajaran
4. Mengabsen peserta didik
5. Apersepsi, Presensi peserta didik
B. Kegiatan inti
1. Penulis memulai
pelajaran dengan Fighting Questions Strategy
2. Guru memberikan stimulus berupa pemberian materi Recount Text.
3. Mendiskusikan materi bersama siswa.
4. Siswa diminta mengerjakan contoh soal dalam buku.
C. Kegiatan Akhir
1. Memberikan motivasi kepada peserta didik agar rajin belajar
2. Guru memberikan kesimpulan tentang materi yang baru saja dipelajari
3. Guru memberikan tugas kepada peserta
didik
4. Guru menutup pelajaran dengan salam
c.
Observasi
Peneliti melakukan
pengamatan/observasi terhadap situasi kelas saat pembelajaran. Dalam pengamatan
tersebut memusatkan pada keaktifan siswa selama proses pembelajaran pada siklus I. Pada tahap observasi
dilakukan bersamaan dengan pembelajaran.
Observasi dilakukan oleh 2 orang
observer atau guru mata pelajaran yaitu Bapak Drs. Iswadi yang bertugas mengamati aktivitas peserta didik. Tujuan dari pengamatan ini adalah untuk mengetahui aktivitas peserta didik dan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan
Fighting Questions Strategy. Dapat dilihat dalam tabel dibawah ini:
Hasil Observasi
Aktivitas Guru Pada Siklus 1
NO
|
Aspek yang dinilai
|
Penilaian
|
Jumlah
|
||||
Perencanaan
|
0
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Membuat RPP
|
√
|
|||||
2
|
Menyusun bahan ajar
|
√
|
|||||
3
|
Merumuskan tujuan (indikator)
|
√
|
|||||
4
|
Mengorganisasi materi
|
√
|
|||||
5
|
Memilih metode yang tepat
|
√
|
|||||
6
|
Memilih sumber belajar
|
√
|
|||||
7
|
Menyiapkan media
|
√
|
|||||
Jumlah
|
12
|
12
|
24
|
||||
Pelakasanaan
|
|||||||
1
|
Salam, pengabsenan
|
√
|
|||||
2
|
Apresiasi dan motivasi
|
√
|
|||||
3
|
Cara nenjelaskan materi
|
√
|
|||||
4
|
Penguasaan metode
|
√
|
|||||
5
|
Penguasaan kelas dalam proses BM
|
√
|
|||||
6
|
Membimbing siswa dalam membaca teks
|
√
|
|||||
7
|
Membuat evaluasi
|
√
|
|||||
Jumlah
|
15
|
8
|
23
|
||||
Jumlah Keseluruhan
|
24+23= 47
|
||||||
Presentase
|
47:56 x 100 = 84%
|
Keterangan:
0 = Tidak
dilakukan
1 = Dilakukan
kurang baik
2 = Dilakukan
dengan cukup
3 = Dilakukan
dengan baik
4 = Dilakukan
sangat baik
Pada siklus 1 diperoleh hasil dengan prosentase 84% berarti
kegiatan mengajar guru baik, sehingga peserta
didik
kurang memahami secara maksimal tentang materi dan cara membaca yang baik dan
benar seperti yang telah dicontohkan oleh guru.
d.
Refleksi
Dengan berakhirnya siklus I, kemudian mengadakan refleksi-refleksi pada
siklus I masih menemukan
keekurangan-kekurangan yang
terjadi, adapun kekurangan-kekurangan atau hambatan yang terjadi pada siklus I adalah:
1. Penyampaian materi harus bisa membangkitkan perhatian peserta didik
sehingga peserta didik akan merasa senang dalam proses pembelajaran.
2. Bagaimana guru membuat interaksi dengan peserta didik agar peserta didik
menjadi aktif salah satunya dengan
mengajukan pertanyaan untuk peserta didik tentang materi yang sudah diajarkan.
Dari penemuan beberapa hambatan di atas dapat dijadikan refleksi untuk perbaikan
pada siklus II.
B. Siklus 2 (3
pertemuan)
1.
Tahap-tahap penelitian
Dalam penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus. Pada
tiap-tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu : perencanaan, pelaksanaan,
observasi, refleksi.
a. Perencanaan
Sebelum
melakukan tindakan terlebih dahulu peneliti merencanakan tindakan dalam penelitian. Adapun perencanaan
tindakan tersebut adalah sebagai berikut:
a.
Identifikasi masalah yang muncul pada siklus I yang belum teratasi
dan penetapan alternatif pemecahan masalahnya.
b.
Pengenbangan program tindakan pada siklus II.
c.
Membuat semua perangkat pembelajaran yang diperlukan.
d.
Guru menyiapkan lembar observasi bagi siswa dan guru.
e.
Menyiapkan media dan alat-alat yang dipergunakan dalam
proses pembelajaran.
f.
Menyiapkan lembar kerja siswa untuk penilaian.
g.
Menyampaikan tujuan pembelajaran.
h.
Memotivasi siswa dan membuat
evaluasi pembelajaran.
b. Pelaksanaan
Dalam pelaksanaan penelitian pembelajaran Bahasa Inggris dilaksanakan sesuai dengan RPP dan menggunakan Fighting
Questions Strategy. Langkah-langkah kegiatan
pembelajaran adalah sebagai berikut :
Pertemuan IV (
Kamis, 01 September 2016)
A. Kegiatan Awal
1. Membuka suasana kelas dengan salam pembukaan
2. Membuka pelajaran dengan mengucapkan Bismillah
3. Berdoa sebelum memulai pelajaran
4. Mengabsen peserta didik
5. Apersepsi, Presensi peserta didik
B. Kegiatan Inti
1. Guru memberi stimulus berupa pemberian materi Recount Text
2. Mendiskusikan materi bersama siswa mengenai Recount Text
3. Guru menjelaskan langkah-langkah kegiatan dan tugas yang harus dilakukan
siswa
C. Kegiatan Akhir
1. Memberikan motivasi kepada peserta didik agar rajin belajar
2. Guru memberikan kesimpulan tentang materi yang baru saja dipelajari
3. Guru memberikan tugas kepada peserta
didik
4. Guru menutup pelajaran dengan salam
Pertemuan V ( Rabu, 07 September 2016)
A. Kegiatan Awal
1. Membuka suasana kelas dengan salam pembukaan
2. Membuka pelajaran dengan mengucapkan Bismillah
3. Berdoa sebelum memulai pelajaran
4. Mengabsen peserta didik
5. Apersepsi, Presensi peserta didik
B. Kegiatan Inti
1. Guru memberi stimulus berupa pemberian materi Procedure
Text
2. Guru memberikan penjelasan tentang Procedure Text
3. Guru memberikan kesempatan pada peserta didik mengidentifikasi
struktur Procedure Text
4. Siswa diminta membahas contoh soal
C. Kegiatan Akhir
1. Memberikan motivasi kepada peserta didik agar rajin belajar
2. Guru memberikan kesimpulan tentang materi yang baru saja dipelajari
3. Guru memberikan tugas kepada peserta
didik
4. Guru menutup pelajaran dengan salam
Pertemuan VI ( Kamis, 08 September 2016)
A. Kegiatan Awal
1. Membuka suasana kelas dengan salam pembukaan
2. Membuka pelajaran dengan mengucapkan Bismillah
3. Berdoa sebelum memulai pelajaran
4. Mengabsen peserta didik
5. Apersepsi, Presensi peserta didik
B. Kegiatan Inti
1. Guru memberi stimulus berupa pemberian materi Procedure
Text
2. Guru menjelaskan langkah-langkah kegiatan dan tugas yang harus dilakukan
siswa
3. Mendiskusikan materi bersama siswa mengenai Procedure
Text
C. Kegiatan Akhir
1. Memberikan motivasi kepada peserta didik agar rajin belajar
2. Guru memberikan kesimpulan tentang materi yang baru saja dipelajari
3. Guru memberikan tugas kepada peserta
didik
4. Guru menutup pelajaran dengan salam
Pertemuan VII (Rabu, 14 September 2016)
A.
Kegiatan Awal
1. Membuka suasana kelas dengan salam pembukaan
2. Membuka pelajaran dengan mengucapkan Bismillah
3. Berdoa sebelum memulai pelajaran
4. Mengabsen peserta didik
5. Apersepsi, Presensi peserta didik
B. Kegiatan Inti
5. Guru memberi stimulus berupa pemberian materi Narrative
Text
6. Guru memberikan penjelasan tentang Narrative Text
7. Guru memberikan kesempatan pada peserta didik mengidentifikasi
struktur Narrative Text
8.
Siswa diminta membahas contoh
soal
C. Kegiatan Akhir
1. Memberikan motivasi kepada peserta didik agar rajin belajar
2. Guru memberikan kesimpulan tentang materi yang baru saja dipelajari
3. Guru memberikan tugas kepada peserta
didik
4. Guru menutup pelajaran dengan salam
Pertemuan VIII (Kamis, 15 September 2016)
A. Kegiatan Awal
1. Membuka suasana kelas dengan salam pembukaan
2. Membuka pelajaran dengan mengucapkan Bismillah
3. Berdoa sebelum memulai pelajaran
4. Mengabsen peserta didik
5. Apersepsi, Presensi peserta didik
B. Kegiatan Inti
4. Guru memberikan stimulus berupa pemberian materi
5. Guru mendiskusikan materi bersama siswa mengenai Narrative
Text
6. Siswa diminta membahas contoh soal dalam buku
C. Kegiatan Akhir
5. Memberikan motivasi kepada peserta didik agar rajin belajar
6. Guru memberikan kesimpulan tentang materi yang baru saja dipelajari
7. Guru memberikan tugas kepada peserta
didik
8.
Guru menutup pelajaran dengan
salam
c. Observasi
Dalam observasi pada siklus II, peneliti dapat menyimpulkan bahwa adanya
peningkatan pada aspek keaktifan siswa. Aspek keaktifan yang mengalami peningkatan
adalah siswa memperhatikan penjelasan guru dan siswa sudah aktif menjawab
pertanyaan.
Hasil Observasi
Aktivitas Guru Pada Siklus II
NO
|
Aspek yang dinilai
|
Penilaian
|
Jumlah
|
||||
Perencanaan
|
0
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Membuat RPP
|
√
|
|||||
2
|
Menyusun bahan ajar
|
√
|
|||||
3
|
Merumuskan tujuan (indikator)
|
√
|
|||||
4
|
Mengorganisasi materi
|
√
|
|||||
5
|
Memilih metode yang tepat
|
√
|
|||||
6
|
Memilih sumber belajar
|
√
|
|||||
7
|
Menyiapkan media
|
√
|
|||||
Jumlah
|
3
|
24
|
27
|
||||
Pelakasanaan
|
|||||||
1
|
Salam, pengabsenan
|
√
|
|||||
2
|
Apresiasi dan motivasi
|
√
|
|||||
3
|
Cara menjelaskan materi
|
√
|
|||||
4
|
Penguasaan metode
|
√
|
|||||
5
|
Penguasaan kelas dalam proses BM
|
√
|
|||||
6
|
Membimbing siswa dalam membaca teks
|
√
|
|||||
7
|
Membuat evaluasi
|
√
|
|||||
Jumlah
|
6
|
20
|
26
|
||||
Jumlah Keseluruhan
|
27+26= 53
|
||||||
Presentase
|
53:56 x 100 = 95%
|
Keterangan:
0 = Tidak
dilakukan
1 = Dilakukan
kurang baik
2 = Dilakukan
dengan cukup
3 = Dilakukan
dengan baik
4 = Dilakukan
sangat baik
Pada siklus II diperoleh hasil
dengan prosentase 95% berarti kegiatan mengajar guru sangat baik. Dari hasil
pengamatan yang diperoleh peneliti dari siklus II bahwa sudah ada peningkatan
yang dilakukan seorang guru dalam melaksanakan proses pembelajaran.
d. Refleksi
Perbaikan ini bertujuan agar keaktifan siswa yang belum maksimal dapat
meningkat seperti : siswa tidak takut bertanya apabila ada hal yang kurang
dipahami dan berusaha memperoleh nilai yang bagus, siswa juga kurang
mengemukakan pendapat. Untuk siklus III hambatan di atas dapat dijadikan
refleksi untuk perbaikan.
1.
Guru mampu lebih baik dalam menjelaskan materi, sehingga peserta didik bisa lebih memahami materi.
2.
Guru mampu lebih baik dalam menguasai kelas dengan baik, sehingga peserta didik bisa mengikuti pengajaran dengan baik.
3.
Guru mampu lebih baik dalam membimbing peserta didik dalam membaca teks, sehingga siswa bisa memahami bacaan dan bisa meningkatkan
penguasaan kosa katanya.
C. Hasil Penelitian
1.
Data Instrumen I
Penelitian
Tindakan Kelas ini, bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar
siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris siswa kelas X SMA Purnama Trimurjo. Penelitian
dilakukan dalam 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan dengan
alokasi waktu 2 x 45 menit.
Data Hasil
Belajar Siswa Siklus I Kelas X Semester I
NO
|
Nama siswa
|
Jenis Kelamin
|
Nilai
|
Keterangan
|
|||
P
|
L
|
Tuntas
|
Tidak Tuntas
|
||||
1
|
Aldion
|
√
|
50
|
√
|
|||
2
|
Adi Kurniawan
|
√
|
50
|
√
|
|||
3
|
Andi Dian Pranata
|
√
|
60
|
√
|
|||
4
|
Arinda
Triwahyu
|
√
|
70
|
√
|
|||
5
|
Ayu Indarwati
|
√
|
70
|
√
|
|||
6
|
Dayu Serda Andiputra
|
√
|
50
|
√
|
|||
7
|
Devi Tri Lestari
|
√
|
70
|
√
|
|||
8
|
Erisa Putri
|
√
|
60
|
√
|
|||
9
|
Feni Agustin
|
√
|
70
|
√
|
|||
10
|
Gusti Fernando
|
√
|
80
|
√
|
|||
11
|
Kevin Dwi Prayuda
|
√
|
70
|
√
|
|||
12
|
Nando Gustanto
|
√
|
50
|
√
|
|||
13
|
Puput Deliyana
|
√
|
80
|
√
|
|||
14
|
Rega Pangestu
|
√
|
60
|
√
|
|||
15
|
Romeo Erlangga
|
√
|
70
|
√
|
|||
16
|
Tiara Yulia Fitriyani
|
√
|
40
|
√
|
|||
17
|
Vina Safitri
|
√
|
70
|
√
|
|||
18
|
Yudianto
|
√
|
60
|
√
|
|||
19
|
Ryo Nhaldo S
|
√
|
30
|
√
|
|||
20
|
Wahyu Galih Prasetyo
|
√
|
60
|
√
|
|||
21
|
Pandi Dwi Novianto
|
√
|
50
|
√
|
|||
22
|
Angga Ardiansyah
|
√
|
70
|
√
|
|||
23
|
Reza Wulandari
|
√
|
40
|
√
|
|||
24
|
Dini Sulistia Putri
|
√
|
70
|
√
|
|||
Jumlah
|
1450
|
11
|
13
|
||||
Rata-Rata
|
60.40%
|
||||||
Nilai Tertinggi
|
80
|
||||||
Nilai Terendah
|
30
|
||||||
Ketuntasan Belajar
|
48%
|
||||||
Tidak Tuntas
|
52%
|
Presentase
Ketuntasan Siklus I
NO
|
Nilai
|
KKM
|
Jumlah Siswa
|
Presentasi
|
|
1
|
Tuntas
|
≥
65
|
11
|
48%
|
|
2
|
Belum Tuntas
|
≤ 65
|
13
|
52%
|
|
Jumlah
|
24
|
100%
|
|||
2. Data Instrumen II
Penelitian Tindakan Kelas siklus II ini memiliki tujuan yang sama
dengan siklus I. Dan dilaksanakan untuk
memperbaiki hasil pada siklus I.
Data Hasil
Belajar Siswa Siklus II Kelas X Semester I
NO
|
Nama siswa
|
Jenis Kelamin
|
Nilai
|
Keterangan
|
|||
P
|
L
|
Tuntas
|
Tidak Tuntas
|
||||
1
|
Aldion
|
√
|
60
|
√
|
|||
2
|
Adi Kurniawan
|
√
|
70
|
√
|
|||
3
|
Andi Dian Pranata
|
√
|
80
|
√
|
|||
4
|
Arinda
Triwahyu
|
√
|
70
|
√
|
|||
5
|
Ayu Indarwati
|
√
|
70
|
√
|
|||
6
|
Dayu Serda Andiputra
|
√
|
60
|
√
|
|||
7
|
Devi Tri Lestari
|
√
|
50
|
√
|
|||
8
|
Erisa Putri
|
√
|
50
|
√
|
|||
9
|
Feni Agustin
|
√
|
90
|
√
|
|||
10
|
Gusti Fernando
|
√
|
100
|
√
|
|||
11
|
Kevin Dwi Prayuda
|
√
|
90
|
√
|
|||
12
|
Nando Gustanto
|
√
|
50
|
√
|
|||
13
|
Puput Deliyana
|
√
|
100
|
√
|
|||
14
|
Rega Pangestu
|
√
|
60
|
√
|
|||
15
|
Romeo Erlangga
|
√
|
70
|
√
|
|||
16
|
Tiara Yulia Fitriyani
|
√
|
80
|
√
|
|||
17
|
Vina Safitri
|
√
|
70
|
√
|
|||
18
|
Yudianto
|
√
|
70
|
√
|
|||
19
|
Ryo Nhaldo S
|
√
|
50
|
√
|
|||
20
|
Wahyu Galih Prasetyo
|
√
|
80
|
√
|
|||
21
|
Pandi Dwi Novianto
|
√
|
50
|
√
|
|||
22
|
Angga Ardiansyah
|
√
|
80
|
√
|
|||
23
|
Reza Wulandari
|
√
|
70
|
√
|
|||
24
|
Dini Sulistia Putri
|
√
|
70
|
√
|
|||
Jumlah
|
1690
|
15
|
9
|
||||
Rata-Rata
|
69.20%
|
||||||
Nilai Tertinggi
|
100
|
||||||
Nilai Terendah
|
50
|
||||||
Ketuntasan Belajar
|
64%
|
||||||
Tidak Tuntas
|
36%
|
3. Pembahasan
Dari penilaian
hasil belaja kedua siklus tersebut bahwa tingkat ketuntasan pada siklus II
mencapai 64%, dengan demikian hasil yang didapat setelah dilakukan siklus I
mencapai 52%. Dengan demikian hasil yang
didapat setelah dilakukan perbaiakan pada siklus II, yang awalnya siklus I menjadi 64%, pada siklus II hal ini menunjukan bahwa peningkatan hasil belajar
siswa pada mata pelajaran Bahasa Inggris yang
meningkatkan pada kemampuan berbicara siswa. Berikut tabel perbandingan antar
siklus I dan siklus II.
Tabel
Perbandingan Antara Siklus 1 dan 2
Siklus 1
|
Siklus 2
|
Selisih
|
Keterangan
|
52%
|
64%
|
12%
|
Meningkat
|
BAB III PENUTUP
A. KESIMPULAN
B.
SARAN
LAMPIRAN
Daftar Presensi Kegiatan Mahasiswa PPL
No
|
Hari/
Tanggal
|
Kegiatan Yang dilakukan
|
Paraf
Kepsek/ Wakapsek
|
1
|
Senin, 15-08-2016
|
Penyerahan Mahasiswa PPL
|
|
2
|
Selasa, 16-08-2016
|
Persiapan perangkat KBM
|
|
3
|
Rabu, 17-08-2016
|
Upacara HUT RI ke- 71 di lap.
Kec. Simbarwaringin
|
|
4
|
Kamis, 18-08-2016
|
Mengajar kelas X2
|
|
5
|
Senin, 22-08-2016
|
Upacara bendera disekolah
Mengajar kelas X1
|
|
6
|
Rabu, 24-08-2016
|
Mengajar kelas X1 dan
X2
|
|
7
|
Kamis, 25-08-2016
|
Mengajar kelas X2
Rapat guru dan staf Mid Semester
|
|
8
|
Jumat, 26-08-2016
|
Senam rutin setiap minggu
Piket
|
|
9
|
Senin, 29-08-2016
|
Upacara bendera disekolah
Mengajar kelas X1
|
|
10
|
Selasa, 30-08-2016
|
Piket
|
|
11
|
Rabu, 31-08-2016
|
Mengajar kelas X1 dan X2
|
|
12
|
Kamis, 01-09-2016
|
Mengajar kelas X2
Penyuluhan Pendidikan dengan Agen Quipper Video dari Dinas
Sum-Sel
|
|
13
|
Sabtu, 03-09-2016
|
Piket
|
|
14
|
Senin, 05-09-2016
|
Upacara bendera disekolah
Mengajar kelas X1
|
|
15
|
Selasa, 06-09-2016
|
Piket
|
|
16
|
Rabu, 07-09-2016
|
Mengajar kelas X1 dan X2
|
|
17
|
Kamis, 08-09-2016
|
Mengajar kelas X2
|
|
18
|
Jumat, 09-09-2016
|
Jalan Sehat
|
|
19
|
Senin, 12-09-2016
|
Upacara bendera disekolah
Mengajar kelas X1
|
|
20
|
Rabu, 13-09-2016
|
Mengajar kelas X1 dan X2
|
|
21
|
Kamis, 14-09-2016
|
Mengajar kelas X2
|
Comments
Post a Comment