Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Discovery Learning Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas XI IPS SMA TMI Roudlatul Qur’an Kota Metro Tahun Pelajarn 2016/2017
Nama : DWI NUR HIDAYAH
Prodi : PBI
NPM : 13240009
Judul : Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan
Menggunakan Metode Discovery
Learning Pada Mata
Pelajaran Bahasa Inggris Kelas XI IPS
SMA TMI Roudlatul
Qur’an Kota Metro Tahun Pelajarn 2016/2017
1.
Laporan
Kegiatan Mengajar
a.
Siklus 1 (3-4 pertemuan)
1.
Perencanaan
Sebelum malakukan peruses
pembelajaran di dalam kelas terlebih dahulu merancang sebuah pembelajaran
dikelas yaitu dengan menyusun desain pembelajaran, rencana pembelajaran (RPP),
silabus, membuat jadwal pertemuan dan instrumen.
Adapun tahapan-tahapan dalam
perencanaan penelitian tindakan kelas ini adalah sebagai berikut :
1) Menetapkan
konsep atau materi pokok.
2) Menyusun
silabus dan membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP).
3) Menyiapkan
sumber, bahan, alat praktek yang dibutuhkan.
4) Menjelaskan
pengertian materi .
5) Menunjukkan
contoh-contoh yang berkenaan dengan materi.
6) Menyusun
lembar kerja yang akan diberikan kepada siswa untuk melihat sejauh mana hasil
belajar siswa.
2.
Pelaksanaan
Pelaksanaan tindakan dalam
kelas dilakukan oleh guru, setelah memahami perencanaan yang disusun, adapun
tujuan yang ingin dicapai pada materi ini yaitu dengan menggunakan metode role
play siswa dapat memahami pelajaran dengan baik.
Adapun langkah-langkah yang
dilakukan dalam tindakan pembelajaran dikelas ini sebagai berikut :
1. Mengawali
dengan melakukan apersepsi.
2. Mempersiapkan
bahan, alat peraga yang telah sesuai dengan materi ajar.
3. Mengatur
tempat duduk siswa untuk memungkinkan siswa melihat dengan jelas dan
memerhatikan pelajaran.
4. Menyampaikan
kompetensi dasar, indikator pencapaian.
5. Guru
menjelaskan pelajaran dengan menggunakan metode Discovery Learning
6. Membagikan
kelompok, tiap kelompok terdiri dari 5 siswa.
7. Membagi
tugas
8. Siswa
maju kedepan untuk mengerjakan tugas yang ditentukan oleh guru.
9. Melakukan
observasi.
10. Guru
membuat kesimpulan dari hasil pembelajaran.
11. Guru
menutup pembelajaran.
3.
Observasi
Pada
tahap ini dilakukan observasi (pengamatan). Dalam penelitian ini melakukan
pengamatan terhadap jalannya kegiatan pembelajaran dengan metode Discovery
Learning. Tindakan kelas yang telah dirancang harus benar-benar dilaksanakan
sebagai upaya untuk memperbaiki pembelajaran. Hal ini dilakukan degan cara :
1) Melakukan
pembelajaran terhadap penerapan model pembelajaran dengan menggunakan metode Discovery
Learning yang dilakukan oleh guru kelas XI dan siswanya.
2) Menilai
setiap kegiatan dan perubahan yang terjadi saat penerapan dengan menggunakan
latihan soal dan tes tertulis.
3) Melakukan
diskusi dengan guru untuk membahas tentang kelemahan-kelemahan atau kekurangan
yang dilakukan guru serta memberikan saran perbaikan untuk pembelajaran
berikutnya.
Observasi ditekankan pada proses
permbelajaran, skenario pembelajaran dan aktivitas siswa.
Tabel.
1
Lembar
Pengamatan Rencana Kegiatan Guru
No
|
Aspek Yang Dinilai
|
Penilaian
|
||||
0
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
Perencanaan
|
||||||
1.
|
Membuat RPP
|
|||||
2.
|
Menyesuaikan Bahan ajar
|
|||||
3.
|
Merumuskan Tujuan
|
|||||
4.
|
Mengorganisasikan Materi
|
|||||
5.
|
Memilih Media Yang tepat
|
|||||
6.
|
Memilih Sumber Belajar
|
|||||
7.
|
Menyusun Evaluasi
|
|||||
Jumlah 1
|
||||||
Pelaksanaan
|
||||||
1.
|
Memotivasi
|
|||||
2.
|
Menjelaskan materi secara singkat
|
|||||
3.
|
Menyusun pertanyaan
|
|||||
4.
|
Mengajukan pertanyaan kepada
Siswa
|
|||||
5.
|
Menjawab pertanyaan yang diajukan
Siswa
|
|||||
6.
|
Memperbaiki jawaban siswa apabila
jawaban tersebut kurang tepat
|
|||||
7.
|
Menyimpulkan materi
|
|||||
8.
|
Membuat evaluasi
|
|||||
Jumlah 2
|
||||||
Jumlah 1 dan 2
|
Keterangan :
0 = tidak dilakukan
1 = dilakukan kurang baik
2 = dilakukan cukup
3 = dilakukan dengan baik
4 = dilakukan sangat baik
Keterangan skala perencanaan:
0 – 7 : dilakukan kurang baik
8 – 14 : dilakukan
cukup baik
15 – 21 : dilakukan
dengan baik
22 – 28 : dilakukan sangat
baik
Keterangan skala pelaksanaan:
0 – 8 : dilakukan kurang baik
9 – 16 : dilakukan
cukup baik
17 – 24 : dilakukan
dengan baik
25 – 32 : dilakukan
sangat baik
Tabel 2
Lembar observasi Proses belajar Siswa Siklus 1
No
|
Nama Siswa
|
Aspek yang diamati
|
Jumlah Total
|
Ket
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||||
1
|
ARIF
SYAIFUDIN
|
3
|
1
|
2
|
2
|
4
|
12
|
Cukup aktif
|
2
|
ASHARA
MUSAFA
|
2
|
1
|
2
|
1
|
2
|
8
|
Cukup aktif
|
3
|
BAKTI
TRI SANTOSO
|
2
|
3
|
3
|
3
|
2
|
13
|
Sangat aktif
|
4
|
CHANDRA
FADILAH ACHMAD
|
3
|
3
|
2
|
3
|
4
|
15
|
Sangat aktif
|
5
|
DANI
IRAWAN
|
1
|
2
|
2
|
1
|
1
|
7
|
Cukup aktif
|
6
|
DESMA
DERISIAN
|
2
|
1
|
4
|
4
|
4
|
15
|
Sangat aktif
|
7
|
DIAH
AWALIAH SAIDAH
|
1
|
2
|
2
|
3
|
2
|
10
|
Cukup aktif
|
8
|
ELOK
AMRINA ROSYADA
|
1
|
1
|
1
|
2
|
1
|
6
|
Kurang aktif
|
9
|
ERI
BAYU PRIMA
|
2
|
1
|
4
|
1
|
3
|
11
|
Cukup aktif
|
10
|
FERDALIA
THAMARA
|
3
|
2
|
2
|
1
|
3
|
11
|
Cukup aktif
|
11
|
GILANG
APRIANSYAH
|
3
|
1
|
1
|
2
|
2
|
9
|
Cukup aktif
|
12
|
HAFIDZ
ZAINUL MAHDI
|
4
|
2
|
2
|
3
|
4
|
15
|
Sangat aktif
|
13
|
HANDIKA
WIBOWO
|
2
|
2
|
1
|
2
|
1
|
8
|
Cukup aktif
|
14
|
M.
HABIB AL-FIRDAUS
|
4
|
2
|
4
|
3
|
4
|
17
|
Sangat aktif
|
15
|
M.
IQBAL PRATAMA J
|
2
|
1
|
1
|
1
|
1
|
6
|
Kurang aktif
|
16
|
MEYLINDA
ANGGRAINI
|
3
|
1
|
1
|
2
|
3
|
10
|
Cukup aktif
|
17
|
MU’MINATUN
|
3
|
2
|
2
|
2
|
2
|
11
|
Cukup aktif
|
18
|
NADA
GITANIA
|
1
|
1
|
1
|
1
|
2
|
6
|
Kurang aktif
|
19
|
NIDA
ALIFAH
|
3
|
2
|
3
|
1
|
2
|
11
|
Cukup aktif
|
20
|
NUR
FADILAH
|
|||||||
21
|
PUTRI
ANISA
|
3
|
2
|
3
|
1
|
2
|
11
|
Cukup aktif
|
22
|
SINTIA
DEWI
|
4
|
2
|
2
|
3
|
4
|
15
|
Sangat aktif
|
23
|
SUKMA
TRI WIDIA
|
2
|
1
|
4
|
1
|
3
|
11
|
Cukup aktif
|
24
|
YUNI
SARI
|
2
|
1
|
4
|
1
|
3
|
11
|
Cukup aktif
|
25
|
ZAKA
PRATAMA ZEINA
|
1
|
1
|
1
|
1
|
2
|
6
|
Kurang aktif
|
Jumlah
|
||||||||
Presentase %
|
Keterangan aspek yang diamati :
1.
Mendengarkan guru
menyampaikan materi yang akan disajikan
2.
Kemampuan siswa menjawab soal
3.
Kemampuan siswa dalam melakukan metode belajar Discovery
Learning
4.
Keseriusan dalam mempersentasikan hasil yang telah ditemukan
5.
Keaktifan siswa dalam bertanya kepada guru mengenai soal yang sukar
untuk dijawab
Keterangan
skor aspek yang diamati :
0
= Tidak dilakukan
1
= Dilakukan kurang baik
2
= Dilakukan cukup baik
3
= Dilakukan dengan baik
4
= Dilakukan sangat baik
|
Keterangan
jumlah skor :
14
– 20 = sangat aktif
7 – 13 = cukup aktif
0 –
6 = kurang aktif
|
4.
Refleksi
Melihat hasil dari observasi pada siklus ke 1 terhadap
penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan, maka dilakukanlah refleksi
terhadap keseluruhan langkah dan rangkaian
proses untuk mengetahui keberhasilan dan kegagalan, dari hasil observasi
yang telah di lakukan pembelajaran yang telah berjalan pada siklus satu dapat
di katakana telah berhasil, karna lebih dari 50% siswa telah memenuhi keteria
ketuntasan belajar, namun untuk mencapai hasil yang maksimal secara keseluruhan
maka diperlukan rencana penyempurnaan dan perbaikan pada siklus berikutnya.
b.
Siklus 2 (pertemuan ke 5- ke 8)
1)
Perencanaan
Dalam langkah-langkah siklus
II pada dasarnya adalah suatu bentuk untuk upaya menindak lanjuti pelaksanaan
tindakan siklus I, siklus II, dan selanjutnya dilaksanakan dimulai dari
perencanaan, pelaksanaan tindakan, dan evaluasi siklus II sehingga tercapai
hasil belajar siswa yang sesuai dengan yang diharapkan.
a.
Perencanan Penelitian
Dalam siklus ini yang harus
dilakukan adalah mulai dari perencanaan tindakan, pelaksanaan, observasi, dan
refleksi. Materi pokok yang diberikan adalah pesawat sederhana.
Adapun tahap-tahap dalam
perencanaan penelitian tindakan kelas ini adalah sebagai berikut :
1) Menetapkan
konsep atau materi pokok.
2) Menyusun
silabus dan membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP).
3) Menyiapkan
sumber, bahan, alat praktek yang dibutuhkan.
4) Menjelaskan
pengertian materi.
5) Menunjukkan
contoh-contoh yang berkenaan dengan materi.
6) Menyusun
lembar kerja yang akan diberikan kepada siswa untuk melihat sejauh mana hasil
belajar siswa.
2)
Pelaksanaan
Pelaksanaan tindakan siklus
II ini mengacu pada identifikasi masalah yang muncul pada siklus I, sesuai
dengan alternatif pemecahan masalah yang sudah ditentukan antara lain :
1) Mengawali
dengan melakukan apersepsi dengan lebih menyempurnakan proses pembelajaran dari
siklus I.
2) Menjelaskan
kembali pengertian dan kegunaan materi sampai siswa benar-benar paham.
3) Menunjukkan
kembali contoh-contoh yang lebih mudah diingat sesuai dengan materi.
4) Evaluasi.
3)
Observasi
Pada tahap ini dilakukan observasi
(pengamatan). dalam penelitian ini melakukan pengamatan terhadap jalannya
kegiatan pembelajaran dengan metode Discovery Learning dan dilakukan untuk
melihat sejauh mana hasil yang telah dilalui persiklus dari pelaksanaan
tindakan. Tindakan kelas yang telah dirancang harus benar-benar dilaksanakan
sebagai upaya untuk memperbaiki pembelajaran ilmu pengetahuan alam. Observasi
ditekankan pada proses pembelajaran, skenario pembelajaran dan proses belajar
siswa.
Tabel 3
Lembar observasi Proses belajar Siswa Siklus 1
No
|
Nama Siswa
|
Aspek yang diamati
|
Jumlah Total
|
Ket
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||||
1
|
ARIF
SYAIFUDIN
|
3
|
1
|
2
|
2
|
4
|
12
|
Cukup aktif
|
2
|
ASHARA
MUSAFA
|
2
|
1
|
2
|
1
|
2
|
8
|
Cukup aktif
|
3
|
BAKTI
TRI SANTOSO
|
2
|
3
|
3
|
3
|
2
|
13
|
Sangat aktif
|
4
|
CHANDRA
FADILAH ACHMAD
|
3
|
3
|
2
|
3
|
4
|
15
|
Sangat aktif
|
5
|
DANI
IRAWAN
|
1
|
2
|
2
|
1
|
1
|
7
|
Cukup aktif
|
6
|
DESMA
DERISIAN
|
2
|
1
|
4
|
4
|
4
|
15
|
Sangat aktif
|
7
|
DIAH
AWALIAH SAIDAH
|
1
|
2
|
2
|
3
|
2
|
10
|
Cukup aktif
|
8
|
ELOK
AMRINA ROSYADA
|
1
|
1
|
1
|
2
|
1
|
6
|
Kurang aktif
|
9
|
ERI
BAYU PRIMA
|
2
|
1
|
4
|
1
|
3
|
11
|
Cukup aktif
|
10
|
FERDALIA
THAMARA
|
3
|
2
|
2
|
1
|
3
|
11
|
Cukup aktif
|
11
|
GILANG
APRIANSYAH
|
3
|
1
|
1
|
2
|
2
|
9
|
Cukup aktif
|
12
|
HAFIDZ
ZAINUL MAHDI
|
4
|
2
|
2
|
3
|
4
|
15
|
Sangat aktif
|
13
|
HANDIKA
WIBOWO
|
2
|
2
|
1
|
2
|
1
|
8
|
Cukup aktif
|
14
|
M.
HABIB AL-FIRDAUS
|
4
|
2
|
4
|
3
|
4
|
17
|
Sangat aktif
|
15
|
M.
IQBAL PRATAMA J
|
2
|
1
|
1
|
1
|
1
|
6
|
Kurang aktif
|
16
|
MEYLINDA
ANGGRAINI
|
3
|
1
|
1
|
2
|
3
|
10
|
Cukup aktif
|
17
|
MU’MINATUN
|
3
|
2
|
2
|
2
|
2
|
11
|
Cukup aktif
|
18
|
NADA
GITANIA
|
1
|
1
|
1
|
1
|
2
|
6
|
Kurang aktif
|
19
|
NIDA
ALIFAH
|
3
|
2
|
3
|
1
|
2
|
11
|
Cukup aktif
|
20
|
NUR
FADILAH
|
|||||||
21
|
PUTRI
ANISA
|
3
|
2
|
3
|
1
|
2
|
11
|
Cukup aktif
|
22
|
SINTIA
DEWI
|
4
|
2
|
2
|
3
|
4
|
15
|
Sangat aktif
|
23
|
SUKMA
TRI WIDIA
|
2
|
1
|
4
|
1
|
3
|
11
|
Cukup aktif
|
24
|
YUNI
SARI
|
2
|
1
|
4
|
1
|
3
|
11
|
Cukup aktif
|
25
|
ZAKA
PRATAMA ZEINA
|
1
|
1
|
1
|
1
|
2
|
6
|
Kurang aktif
|
Jumlah
|
||||||||
Presentase %
|
Keterangan aspek yang diamati :
1.
Mendengarkan guru
menyampaikan materi yang akan disajikan
2.
Kemampuan siswa menjawab soal
3.
Kemampuan siswa dalam
melakukan metode belajar Discovery
Learning
4.
Keseriusan dalam mempersentasikan hasil yang telah ditemukan
5.
Keaktifan siswa dalam bertanya kepada guru mengenai soal yang sukar
untuk dijawab
Keterangan
skor aspek yang diamati :
0
= Tidak dilakukan
1
= Dilakukan kurang baik
2
= Dilakukan cukup baik
3
= Dilakukan dengan baik
4
= Dilakukan sangat baik
|
Keterangan
jumlah skor :
14
– 20 = sangat aktif
7 – 13 = cukup aktif
0 –
6 = kurang aktif
|
4)
Refleksi
Berdasarkan siklus I
dikembangkan ke siklus II. Pada siklus ini peneliti tidak mengalami hambatan.
Setelah memberikan penjelasan siswa dapat memahami dengan baik materi yang
diberikan oleh guru.
Hasil yang diberikan pada
setiap siklus juga meningkat. Dalam siklus ini ketercapaian hasil belajar siswa
meningkat seperti telah ditentukan Standar Ketuntasan Belajar Mengajar.
c.
Laporan Hasil
Penelitian
a)
Data Instrumen
1
Table 3
Data Hasil Belajar Siswa Siklus 1
Kelas VII semester I
No
|
Nama Siswa
|
L/P
|
Nilai
|
Ketuntasan
Siswa
|
|
Tuntas
|
Tdk Tuntas
|
||||
1
|
ARIF
SYAIFUDIN
|
L
|
60
|
ü
|
|
2
|
ASHARA
MUSAFA
|
L
|
75
|
ü
|
|
3
|
BAKTI
TRI SANTOSO
|
L
|
85
|
ü
|
|
4
|
CHANDRA
FADILAH ACHMAD
|
L
|
55
|
ü
|
|
5
|
DANI
IRAWAN
|
L
|
80
|
ü
|
|
6
|
DESMA
DERISIAN
|
L
|
70
|
ü
|
|
7
|
DIAH
AWALIAH SAIDAH
|
P
|
80
|
ü
|
|
8
|
ELOK
AMRINA ROSYADA
|
P
|
80
|
ü
|
|
9
|
ERI
BAYU PRIMA
|
L
|
65
|
ü
|
|
10
|
FERDALIA
THAMARA
|
P
|
80
|
ü
|
|
11
|
GILANG
APRIANSYAH
|
L
|
80
|
ü
|
|
12
|
HAFIDZ
ZAINUL MAHDI
|
L
|
70
|
ü
|
|
13
|
HANDIKA
WIBOWO
|
L
|
60
|
ü
|
|
14
|
M.
HABIB AL-FIRDAUS
|
L
|
75
|
ü
|
|
15
|
M.
IQBAL PRATAMA JAYA
|
L
|
60
|
ü
|
|
16
|
MEYLINDA
ANGGRAINI
|
P
|
85
|
ü
|
|
17
|
MU’MINATUN
|
P
|
70
|
ü
|
|
18
|
NADA
GITANIA
|
P
|
60
|
ü
|
|
19
|
NIDA
ALIFAH ISTIQOMAH
|
P
|
80
|
ü
|
|
20
|
NUR
FADILAH
|
P
|
70
|
ü
|
|
21
|
PUTRI
ANISA
|
P
|
70
|
ü
|
|
22
|
SINTIA
DEWI
|
P
|
75
|
ü
|
|
23
|
SUKMA
TRI WIDIA
|
P
|
85
|
ü
|
|
24
|
YUNI
SARI
|
P
|
70
|
ü
|
|
25
|
ZAKA
PRATAMA ZEINA
|
L
|
65
|
ü
|
|
Jumlah
|
|||||
Nilai Tertinggi
|
85
|
||||
Nilai Terendah
|
55
|
||||
% Ketuntasan Hasil Belajar
|
80 %
|
Persentase Ketuntasan Siklus 1
No
|
Nilai
|
KKM
|
Jumlah Siswa
|
Persentase (%)
|
1
|
Tuntas
|
65
|
20
|
80 %
|
2
|
Belum
Tuntas
|
60
|
5
|
20 %
|
Jumlah
|
25
|
100 %
|
b)
Data Instrument
2
Table 4
Data Hasil Belajar Siswa Siklus 2
Kelas VII semester I
No
|
Nama Siswa
|
L/P
|
Nilai
|
Ketuntasan
Siswa
|
|
Tuntas
|
Tdk Tuntas
|
||||
1
|
ARIF
SYAIFUDIN
|
L
|
60
|
ü
|
|
2
|
ASHARA
MUSAFA
|
L
|
75
|
ü
|
|
3
|
BAKTI
TRI SANTOSO
|
L
|
85
|
ü
|
|
4
|
CHANDRA
FADILAH ACHMAD
|
L
|
65
|
ü
|
|
5
|
DANI
IRAWAN
|
L
|
80
|
ü
|
|
6
|
DESMA
DERISIAN
|
L
|
70
|
ü
|
|
7
|
DIAH
AWALIAH SAIDAH
|
P
|
80
|
ü
|
|
8
|
ELOK
AMRINA ROSYADA
|
P
|
80
|
ü
|
|
9
|
ERI
BAYU PRIMA
|
L
|
65
|
ü
|
|
10
|
FERDALIA
THAMARA
|
P
|
80
|
ü
|
|
11
|
GILANG
APRIANSYAH
|
L
|
80
|
ü
|
|
12
|
HAFIDZ
ZAINUL MAHDI
|
L
|
70
|
ü
|
|
13
|
HANDIKA
WIBOWO
|
L
|
75
|
ü
|
|
14
|
M.
HABIB AL-FIRDAUS
|
L
|
75
|
ü
|
|
15
|
M.
IQBAL PRATAMA JAYA
|
L
|
85
|
ü
|
|
16
|
MEYLINDA
ANGGRAINI
|
P
|
85
|
ü
|
|
17
|
MU’MINATUN
|
P
|
70
|
ü
|
|
18
|
NADA
GITANIA
|
P
|
60
|
ü
|
|
19
|
NIDA
ALIFAH ISTIQOMAH
|
P
|
80
|
ü
|
|
20
|
NUR
FADILAH
|
P
|
70
|
ü
|
|
21
|
PUTRI
ANISA
|
P
|
70
|
ü
|
|
22
|
SINTIA
DEWI
|
P
|
75
|
ü
|
|
23
|
SUKMA
TRI WIDIA
|
P
|
90
|
ü
|
|
24
|
YUNI
SARI
|
P
|
70
|
ü
|
|
25
|
ZAKA
PRATAMA ZEINA
|
L
|
65
|
ü
|
|
Jumlah
|
|||||
Nilai Tertinggi
|
90
|
||||
Nilai Terendah
|
60
|
||||
% Ketuntasan Hasil Belajar
|
89 %
|
Persentase Ketuntasan Siklus 2
No
|
Nilai
|
KKM
|
Jumlah Siswa
|
Persentase (%)
|
1
|
Tuntas
|
23
|
92 %
|
|
2
|
Belum
Tuntas
|
2
|
8%
|
|
Jumlah
|
25
|
100 %
|
d.
Pembahasan
Table perbandingan antara siklus 1 dan 2
Siklus 1
|
Siklus 2
|
Selisih
|
Keterangan
|
74 %
|
80 %
|
6 %
|
Meningkat
|
Setelah Melihat laporan hasil penelitian yang tertera di atas proses kegiatan belajar mengajar pada kelas XI
mata pelajaran Bahasa Inggris dari siklis 1 ke siklus 2 mengalami peningkatan
sebanyak 15 %, hal ini di sebabkan peruses evaluasi yang dilakukan oleh guru
pada pembelajaran siklus ke 2 tepat sasaran, disisi lain peserta didik terlihat
mempunyai semangat yang lebih dalam pembelajaran yang ada pada siklus ke 2.
e.
Kesimpulan dan Saran
Kesimpulan
Berdasarakan pembahasan dan penelitian dapat disimpulkan
sebagai berikut :
a.
Pada
siklus I siswa yang mencapai skala 14-20 terdapat 6 siswa
atau 24 %, skala 7-13 terdapat 16 siswa atau 64 %, skala 0-6 terdapat 3 siswa atau 12
%, kemudian pada siklus II proses belajar siswa meningkat
dari kurang
aktif menjadi cukup aktif dan
menjadi aktif.
b. Pembelajaran
Pada siklus I ke siklus
II terjadi peningkatan 6 %. Maka dapat disimpulkan bahwa metode Discovery
Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran bahsa inggris
kelas SMA Tmi Roudlatul
Kota Metro Tahun Pelajaran 2016/2017.
lengkap sekali ya, ini sangat membantu, thanks sdh share ya
ReplyDelete